Minggu, 02 Oktober 2016

Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Saluan Kemih (ISK)

Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Saluan Kemih (ISK)


Halo dok, saya ibu rumah tangga berusia 26 tahun.
Akhir-akhir ini saya sering mengalami perasaan tidak nyaman saat buang air kecil. Selain itu, saya juga sering mengalami anyang-anyangan yang rasanya cukup mengganggu. Apakah masalah yang saya alami ini ada kaitanya dengan infeksi saluran kemih? Saya sendiri belum pernah memeriksakan kondisi ke dokter. Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah ini? Mohon dijawab dok. Terima kasih.

Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Saluan Kemih (ISK) - Anyang-anyangan bisa saja merupakan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi saluran kemih. Ditandai dengan buang air kecil yang terasa sulit, kemudian buang air kecil sedikit-sedikit dan terus-menerus ingin buang air kecil. Sakit pada perut bagian bawah serta kadangkala pada saat buang air kecil terasa sangat perih atau panas.
Faktor penyebab anyang-anyangan biasanya adalah karena anda kurang menjaga kebersihan organ kemaluan yang dapat memicu kontaminasi bakteri. Apalagi jika anda sering cebok dengan metode dari belakang ke depan atau membersihkan area dubur terlebih dahulu sebelum area kemaluan. Metode ini sangat tidak dianjurkan. Sebisa mungkin, melakukan hal yang sebaliknya setiap kali cebok untuk menghindari masuknya bakteri ke saluran kemih.

Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Saluan Kemih (ISK) - Dalam dunia kesehatan, infeksi saluran kemih (ISK) biasa juga disebut cystitis. Adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada saluran kemih. Penyakit ini memang sering dialami oleh mereka yang kurang menjaga kebersihan minuman atau sekitar organ kemaluan. Infeksi saluran kemih adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan pada kandung kemih yang bisa saja disebabkan oleh beberapa sindrom. Namun sebagian besarnya disebabkan karena bakteri.
Infeksi pada saluran kemih biasanya dipicu oleh bakteri yang berkembangbiak di urin atau bisa juga masuk melalui ginjal. Pada umumnya, urin tidak mengandung bakteri.
Salah satu jenis infeksi saluran kemih yang paling sering ditemukan kasusnya adalah infeksi kandung kemih.

Gejala infeksi saluran kemih

Ada beberapa gejala yang pada umumnya ditemukan pada pasien yang teridentifikasi memiliki infeksi saluran kemih diantaranya adalah:
l  Terus-menerus ingin buang air kecil.
l  Ketika buang air kecil terasa panas atau nyeri.
l  Saat buang air kecil, urine kadang-kadang mengandung nanah atau darah dan terlihat keruh.
l  Kadang-kadang juga ditandai dengan gejala seperti sakit pada perut bagian bawah.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih


Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Saluan Kemih (ISK) - Apabila anyang-anyangan yang Anda rasakan terus berlanjut dan sangat mengganggu, Anda disarankan untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan secara intensif dan pengobatan. Sebelum anda mengambil tindakan tertentu, pastikan anda mengetahui penyebab penyakit tersebut terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan menanyakannya kepada dokter, agar dokter bisa memberikan diagnosa awal.
Untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang disebabkan karena bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik.
Untuk Anda yang mengalami infeksi saluran kemih kategori ringan biasanya tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Anda biasanya tidak akan dirawat di rumah sakit. Beberapa saran yang mungkin akan Anda dengar dari dokter diantaranya adalah:
l  Anda akan diminta untuk rajin minum air putih.
l  Sebisa mungkin jangan tahan jika ingin buang air kecil walaupun beresiko sakit dan perih.
l Anda juga dianjurkan untuk mengkompres di bagian yang terasa nyeri dengan menggunakan air hangat.

Cara mencegah agar tidak terkena infeksi saluran kemih


l  Hindari cebok dari belakang ke depan setelah buang air besar
l  Minumlah air yang bersih dan sudah dimasak
l  Masak air mentah hingga mendidih sebelum diminum
l Sebisa mungkin jangan gunakan kondom atau alat kontrasepsi berlapis spermisida atau alat kontrasepsi diafragma

l  Hindari penggunaan pakaian (celana) yang terlalu ketat yang terbuat dari bahan sintetis. Pilihlah celana-celana berbahan lembut yang terbuat dari kain katun.



COSTUMER CARE DE NATURE