/ , , / Perbedaan sipilis dan kencing nanah

Perbedaan sipilis dan kencing nanah

Baca Juga

Perbedaan sipilis dan kencing nanah - Banyak kalangan masyarakat pada umumnya menganggap sipilis dan kencing nanah itu sama.sebenarnya memang sama ( penyakit kelamin) tetapi jika pelajari lebih jauh lagi dan juga dari ilmu kedokteran pun berkata sipilis itu bukan kencing nanah..antara sipilis dan kencing nanah masing masing memiliki gejala yang berbeda.oleh sebab itu,blogger akan menjelaskan ciri ciri sipilis dan ciri ciri kencing nanah ,berikut dibawah ini :
Apa itu Penyakit Sifilis? – Penyakit Sifilis merupakan penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, atau lebih dikenal dengan nama Treponema pallidum, Bakteri ini berbentuk spiral, merupakan bakteri yang motil atau bakteri yang dapat bergerak, yang umumnya menginfeksi melalui kontak seksual langsung, bakteri ini masuk ke dalam tubuh inang melalui celah di antara sel epitel. Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis penularan melalui ibu ke anak dalam uterus. Struktur tubuhnya yang berupa heliks memungkinkan Treponema pallidum bergerak dengan pola gerakan yang khas untuk bergerak di dalam medium kental seperti lendir (mucus). Dengan demikian organisme ini dapat mengakses sistem peredaran darah dan getah bening inang melalui jaringan dan membran mucosa.

Gonore atau Kencing Nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang berlangsung dalam tempo singkat (akut). Penyakit ini disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae, yakni kuman berbentuk mirip kopi (diplococcus).Gonore ditularkan melalui hubungan seksual, termasuk lewat anal (dubur) dan oral (mulut).

INGAT !! 
 Sipilis tidak menular melalui peralatan makan, tempat dudukan toilet, knop pintu, kolam renang, dan tukar-menukar pakaian.

Ciri Ciri Sipilis pada Pria :
  • Keluarnya cairan atu kotoran dari penis pada laki-laki. 
  • Nyeri selama hubungan seksual atu pada saat buang air kecil. 
  • Kerongkongan terasa sakit atau ada luka kerongkongan pada orang-orang dengan oral sex. 
  • Nyeri pada daerah sekitar anus pada orang-orang dengan anal sex. 
  • Luka memerah tanpa rasa sakit pada daerah kelamin, anus, kerongkongan dan atau lidah. 
  • Bintik merah pada kulit dan bersisik pada telapak tangan dan telapak kaki. 
  • Urine atau air kencing berwarna gelap, feses berwarna terang, mata dan kulit berwarna kuning.
  • Timbul lepuh kecil pada daerah kelamin yang berubah menjadi koreng (kerak kering pd luka). Pembengkakan pada kelenjar limfe, demam dan nyeri atau rasa sakit pada seluruh tubuh. 
  • Gejala infeksi yang aneh, lelah yang tidak dapat dijelaskan mengapa, keringat malam, berat badan menurun. 



 gejala sipilis pada wanita :


  • Keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kencing dan atau liang senggama ( Keputihan yang banyak, berbau amis, berwarna putih kehijauan ).
  •  Rasa nyeri ketika kencing atau saat berhubungan seksual. 
  • Rasa gatal di alat kelamin atau sekitarnya. 
  • Adanya Lecet, luka kecil ( kadang ada yang tidak terasa sakit ) yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. 
  • Adanya perubahan warna kulit dan mata. 


Pada wanita, penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang jelas atau bahkan tidak mengalami keluhan sama sekali, sehingga wanita mudah menjadi sumber penularan. komplikasi berupa bartolitis, yaitu membengkaknya kelenjar Bartholin sehingga penderita susah jalan karena nyeri. Komplikasi dapat ke atas menyebabkan kemandulan, jika ke rongga perut menyebabkan radang di perut dan usus. Selain itu baik pada wanita atau pria dapat terjadi infeksi sistemik ( seluruh tubuh) ke sendi, jantung, selaput otak dan lain-lain. Pada ibu hamil, bila tidak diobati, saat melahirkan mata bayi dapat terinfeksi, bila tidak cepat ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Ciri Atau Tanda Tanda gonore / kencing nanah Baik Pria Atau Wanita Gonore pada Pria. 


Seorang pria dapat tertular melalui hubungan (seksual) dengan wanita penderita gonore (coitus suspektus). Masa tunas berlangsung antara 2-10 hari dengan rata-rata 3 hari.
Gejala uretritis (gonore):

  • Nyeri waktu kencing, terutama saat awal kencing. 
  • Permukaan saluran kencing bawah (orifisium uretra) membengkak (oedema) dan kemerahan (eritematus). 
  • Keluar cairan (sekret) nanah (purulen) dari saluran kencing 


 Komplikasi atau penyulit pada gonore pria, antara lain:

 Infeksi kelenjar cowperi (cowperitis), kelenjar di bawah saluran kencing pangkal penis.
Infeksi prostat (prostatitis), kelenjar di bagian paling ujung saluran kencing berbatasan dengan kandung kemih. Infeksi kelenjar epidedimis (epididimitis), dan lain-lain.

Gonore pada Wanita.

Pada umumnya penderita gonore wanita tidak menimbulkan gejala, disebut asimtomatis. Paling sering mengenai leher rahim (serviks), dengan gejala keputihan. Jika mengenai saluran kencing, maka dapat terjadi keluhan nyeri kencing (disuri) ringan, dan dapat juga mengenai kandung kemih, ditandai dengan sering kencing (jawa: anyang-anyangen), nyeri perut bagian bawah dan adakalanya nampak darah bersamaan dengan kencing (hematuri)

 Gonore di luar genital (ekstra genital) 

Gonore rongga mulut (oropharyngeal gonore), sebagai akibat oral seks. tandanya mirip radang tenggorokan. Gonore rektum (proktitis gonore), yakni infeksi gonore di rongga rektum (bagian dalam anus), sebagai akibat hubungan intim lewat anus.

Gonore mata (gonoblenore)

diderita bayi baru lahir karena si ibu menderita gonore. Penularannya saat persalinan. Beberapa hari setelah melahirkan, mata si bayi membengkak, saat dibuka keluarlah nanah..Dapat juga terjadi pada dewasa jika penderita ngucek-ngucek mata sehabis megang organ kelaminnya yang sedang terinfeksi gonore.

Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post